Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)

Rabu, 08 Januari 20140 komentar

LATAR BELAKANG
Program Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) adalah salah satu program keahlian yang ada di SMK Negeri 2 Bantaeng berdiri sejak tahun 2004 dan kala itu masih satu atap dengan STM Bantang, telah banyak menghasilkan lulusan yang bekerja di Kapal Perikanan baik di dalam Negeri maupun di Luar Negeri. Dengan system pembelajaran 40% teori dan 60% praktek dan pada tahun pelajaran terakhir Peserta Didik akan memiliki pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki setelah lulus Uji Kompetensi Keahlian, tentunya diharapkan memenuhi standar penyediaan tenaga kerja tingkat menengah di Dunia Usaha/Dunia Industri.

FASILITAS YANG DIMILIKI
Kompetensi ini sekarang memiliki ruang belajar berjumlah 6 Kelas untuk 3 tingkatan dengan jumlah rata-rata 20 orang peserta didik per kelas. Ruang pembelajaran di tunjang pula dengan adalanya Laboratorium Navigasi dengan Fasilitas praktikum didalamnya, biasa dipergunakan dalam proses: Menjangka Peta, Menggunakan Radar, Pemadaman kebakaran dan Praktek lainnya. Program Keahlian NKPI memiliki 1 buah kapal tangkap dengan alat tangkap purse seine. Kapal tersebut selain sebagai unit produksi juga digunakan sebagai kapal latih bagi peserta didik untuk penerapan ilmu yang telah di dapat disekolah ke praktek langsung misalnya praktek penangkapan, olah gerak, navigasi, dll.

PRAKTEK INDUSTRI (PRAKERIN)
Prakerin Kompetensi Keahlian NKPI dilaksanakan minimal 4 bulan dan rutin diadakan setelah peserta didik berada pada semester 3. Lokasi Prakerin Kompetensi ini ditempatkan didalam dan luar Kabupaten, dan bila ada peserta didik yang berprestasi dan memenuhi syarat serta mampu menjaga nama baik sekolah bisa melaksanakan prakerin di luar propinsi. Lokasi Prakerin Kompetensi NKPI antara lain:
=> ASDP Ferry Bulukumba 
=> PT. Lapawawoi Sinjai
=> CV. Hidayat Nurpala Bulukumba
=> PT. Pelabuhan Samudera Besar Makassar
=> Dinas Perikanan Sinjai
=> Dinas Perikanan Bantaeng
=> Dinas Perhubungan Bantaeng
=> PT. Pelabuhan Samudera Besar Kendari
=> PT. Pelabuhan Samudera Besar Benoa Bali
=> dll, yang relevan dengan Kompetensi.




PELUANG KERJA
Kompetensi Keahlian NKPI dapat diserap di berbagai Perusahaan Kapal Perikanan, Pelabuhan, TNI/Polri, Instansi dan Dinas, serta lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.
Share this article :

Posting Komentar

 
SMK Negeri 2 Bantaeng
Poros Makassar-Bantaeng KM. 129 Tanetea
Kec. Pa'jukukang Kab. Bantaeng 92461 - Sulawesi Selatan
Copyright © 2014. SMKN 2 BANTAENG - Desain ulang oleh Team SMK
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger