Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Rabu, 08 Januari 20140 komentar

LATAR BELAKANG
Program Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan program keahlian yang terbaru di SMK Negeri 2 Bantaeng saat ini, yaitu baru berdiri pada tahun 2009 dan diharapkan ikut memberi andil bagi pembentukan Peserta Didiik yang mampu mengoptimalkan pemanfaatan komponen komputer dengan aplikasi-aplikasi perangkat lunak yang ada, melakukan perbaikan perangakat lunak, serta mampu menciptakan aplikasi baru. Telah banyak menghasilkan lulusan yang mampu berkiprah di Instansi Pemerintah dan Swasta serta Pendidikan Tinggi. Dengan system pembelajaran 40% teori dan 60% praktek dan pada tahun pelajaran terakhir Peserta Didik akan memiliki pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki setelah lulus Uji Kompetensi Keahlian, tentunya diharapkan memenuhi standar penyediaan tenaga kerja tingkat menengah di Dunia Usaha/Dunia Industri.

FASILITAS YANG DIMILIKI
Kompetensi ini sekarang memiliki ruang belajar berjumlah 6 Kelas untuk 3 tingkatan dengan jumlah rata-rata 25 orang peserta didik per kelas dan diprediksi akan meningkat. Ruang pembelajaran di tunjang pula dengan adanya fasilitas Laboratorium Komputer dan Internet hasil kerjasama SMK Negeri 2 Bantaeng dengan Korea Melalui KOICA Internasional yang dipergunakan dalam proses pembelajaran.

PRAKTEK INDUSTRI (PRAKERIN)
Prakerin Kompetensi RPL dilaksanakan minimal 4 bulan dan rutin diadakan setelah peserta didik berada pada semester 3. Lokasi Prakerin Kompetensi ini ditempatkan didalam dan luar Kabupaten, dan bila ada peserta didik yang berprestasi dan memenuhi syarat serta mampu menjaga nama baik sekolah bisa melaksanakan prakerin di luar propinsi. Lokasi Prakerin Kompetensi RPL antara lain:


=> Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
=> Kantor Pajak Patama Bantaeng/Bulukumba
=> Bawasda Bantaeng
=> BKD Bantaeng
=> Telkom Bantaeng/Bulukumba/Makassar
=> Komputer City
=> Kantor Sekretariat Unhas
=> PT. Suraco jaya Abadi
=> Pt. Asuransi Jiwasraya
=> Kantor Bappedalda Bantaeng
=> Kantor Capil Bantaeng
=> dll, yang relevan dengan Kompetensi.





PELUANG KERJA
Kompetensi Keahlian RPL dapat bekerja sebagai teknisi di Pemerintahan dan Swasta, Wirausaha Mandiri, TNI/Polri, Instansi dan Dinas, serta lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.
Share this article :

Posting Komentar

 
SMK Negeri 2 Bantaeng
Poros Makassar-Bantaeng KM. 129 Tanetea
Kec. Pa'jukukang Kab. Bantaeng 92461 - Sulawesi Selatan
Copyright © 2014. SMKN 2 BANTAENG - Desain ulang oleh Team SMK
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger