Kenapa Pilih SMK ...?

Rabu, 08 Januari 20140 komentar


BAGI kamu yang sudah jadi siswa / siswi SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan), bisa jadi masih sering muncul pertanyaan, mengapa aku memilih SMK ? Apa sih kelebihan SMK dibandingkan dengan SMA sehingga kamu pilih SMK, bukan SMA ?

Bagaimana pikiran kamu setelah benar-benar menjadi siswa/siswi SMK dan telah mulai belajar dan bergulat dengan pelajaran-pelajaran kejuruan ?. Semakin mantap dan bangga dengan pilihan kamu ? atau justru menyesal dan masih akan mencoba masuk SMA pada tahun pelajaran yang akan datang ?.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu masih wajar muncul di benak kamu, terutama bagi siswa/siswi baru kelas X. Apalagi kalau masuknya ke SMK hanya karena tidak diterima di SMA faforitmu. Atau masuknya ke SMK lantaran kamu terpengaruh teman, desakan orang tua maupun factor-faktor lain yang menjadikan kamu ‘terpaksa’. Salahkah pertanyaan-pertanyaan itu ? Tidak, sama sekali tidak karena kamu berhak berpikir cerdas dalam menentukan masa depan kemana arah yang akan dicapai dalam meraih cita-cita.

Okey, terlepas dari pertanyaan itu, yang pasti kamu harus mulai memantapkan diri. Sekedar untuk kamu ketahui, selepas lulus dari SMP, memang hanya ada 2 alternatif apabila kamu akan melanjutkan sekolah yaitu Sekolah Menengah Umum (SMA)dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Keduanya tentu memiliki perbedaan yang signifikan. Pada umumnya lulusan SMP lebih bangga meneruskan ke SMU daripada ke SMK. Mereka beranggapan bahwa masuk SMU itu lebih bergengsi daripada masuk SMK. Yaa,… tapi itu dulu.

Sekarang seiring berjalannya waktu, anggapan SMU lebih bergengsi daripada SMK mulai pudar. Kini orang mulai berfikir realistis. Betapa tidak, jika lulusan SMU tidak melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi maka mereka tidak memiliki skill yang mendukung mereka untuk terjun ke bursa kerja. Berbeda dengan lulusan SMK, para siswa lulusan SMK relatif lebih mudah bekerja karena sejak awal masuk sekolah telah dibekali Skill yang menunjang mereka untuk terjun ke dunia usaha ataupun ber-Wirausaha. Artinya lulusan SMK sudah punya modal awal yang akan mengantarkan lulusan SMK lebih produktif dibandingkan dengan lulusan SMU. Itu kalau kamu mau terjun ke dunia kerja.

Lulusan SMK juga tidak hanya dicetak untuk siap bekerja. Lulusan SMK juga masih memiliki peluang untuk melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. Buktinya banyak lulusan SMK yang mampu dan sukses bersaing di Perguruan Tinggi. Inilah kelebihan SMK dibandingkan dengan SMU :
>> Siswa memiliki Skill yang bermanfaat untuk dunia kerja
>> Membina dan mengembangkan bakat siswa dalam suatu program keahlian
>> Mencetak Lulusan yang Siap Guna
>> Siswa memiliki kemampuan ber-Wirausaha
>> Mengurangi Pengangguran
>> Menyiapkan siswa/lulusannya untuk studi lanjut.

Makanya pemerintah sekarang lebih cenderung mengembangkan SMK dibanding SMU/SMA. Bahkan perbandingan antara SMA dan SMK dibuat 30 : 70 ( 30 SMA 70 SMK). Bahkan untuk SMK pemerintah serius memberikan fasilitas lebih. SMK diharapkan ‘bisa’ bersaing bukan saja untuk mengembangkan daya nalar tetapi juga ketrampilan. Tidak sedikit SMK yang telah mampu memproduksi perangkat berteknologi tinggi, mewujudkan teaching factory yang mampu bersaing di era global.

Agar makin matap dalam memilih sekolah lanjutan, baca juga artikel KOMPASIANA disini.


Share this article :

Posting Komentar

 
SMK Negeri 2 Bantaeng
Poros Makassar-Bantaeng KM. 129 Tanetea
Kec. Pa'jukukang Kab. Bantaeng 92461 - Sulawesi Selatan
Copyright © 2014. SMKN 2 BANTAENG - Desain ulang oleh Team SMK
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger