Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHPi)

Rabu, 08 Januari 20140 komentar


LATAR BELAKANG
Program Kompetensi Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHPi) merupakan program keahlian yang menyelenggarakan program kewirausahaan dengan memanfaatkan potensi lokal menggunakan hasil perikanan atau perairan, salah satu program keahlian SMK Negeri 2 Bantaeng yang Insya Alllah mulai dibuka pada Tahun Pelajaran 2014/2015, mengingat animo Infvestor luar terhadap potensi kelautan kabupaten bantaeng dan atas dukungan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bantaeng yang bertekat menonjolkan Keunggulan Lokal dari Budidaya Perairan di Bantang sebagai ciri SMK Negeri 2 Bantaeng. Seta sejalan dengan potensi perairan Kabupaten Bantaeng yang mayoritas masyarakat pesisir merupakan petani rumput laut, maka untuk memberi nilai tambah terhadap sumber bahan baku yang ada mendasari kami pula untuk membuka jurusan ini. Diharapkan kedepannya mampu menciptakan lapangan kerja baru dan menjawab penyediaan tenaga kerja tingkat menengah yang mampu terserap pada perusahaan-perusahaan perikanan yang berdiri di Bantaeng. Dengan system pembelajaran 40% teori dan 60% praktek dan pada tahun pelajaran terakhir Peserta Didik akan memiliki pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki setelah lulus Uji Kompetensi Keahlian.

FASILITAS YANG DIMILIKI
Kompetensi ini diberi kuota ruang belajar berjumlah 3 Kelas untuk 3 tingkatan dengan 1 ruang laboratorium pengolahan yang dilengkapi dengan sarana praktikum mulai dari proses pengolahan produk perikanan, pengemasan produk perikanan, hingga manajemen pemasaran produk perikanan.
    

PRAKTEK INDUSTRI (PRAKERIN)
Prakerin Kompetensi Keahlian TPHPi dilaksanakan minimal 4 bulan dan rutin diadakan setelah peserta didik berada pada semester 3. Lokasi Prakerin Kompetensi ini ditempatkan didalam dan luar Kabupaten, dan bila ada peserta didik yang berprestasi dan memenuhi syarat serta mampu menjaga nama baik sekolah bisa melaksanakan prakerin di luar propinsi. Lokasi Prakerin Kompetensi TPHPi akan diatur dengan perjanjian kerjasama terlebih dahulu dengan Dunia Usaha/Dunia Industri.

PELUANG KERJA
Kompetensi Keahlian TPHPi  di arahkan untuk menjadi Wirausahawan bidang pengolahan hasil perikanan yang pada skala industri menengah masih cukup menjanjikan di Kabupaten Bantaeng, disamping dapat diserap di berbagai Teknisi Perusahaan Pengolahan yang ada di Kabupaten Bantaeng, TNI/Polri, Instansi dan Dinas, serta lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.
Share this article :

Posting Komentar

 
SMK Negeri 2 Bantaeng
Poros Makassar-Bantaeng KM. 129 Tanetea
Kec. Pa'jukukang Kab. Bantaeng 92461 - Sulawesi Selatan
Copyright © 2014. SMKN 2 BANTAENG - Desain ulang oleh Team SMK
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger